Pertemuan kali ini membahas mengenai new media era oleh Bapak Suwarjono (VivaNews). Betapa mencengangkan melihat berbagai realita aktivitas media yang sangat cepat. Tak lagi butuh waktu lama untuk dapat mengetahui sebuah berita terbaru (melalui media cetak). Semua informasi di era media baru dapat diakses dalam hitungan detik. Fenomena ini bahkan seperti sudah melekat dalam gaya hidup masyarakat pengguna media di Indonesia (Survei memperlihatkan Indonesia berada dalam urutan kedua terbesar dunia dalam penggunaan facebook, urutan kelima terbesar Asia dalam penggunaan internet, dan bahkan urutan kelima terbesar dunia dalam penggunaan twitter).
Tetapi ternyata percepatan dalam media baru memberikan sebuah pilihan pada masyarakat pengguna media untuk tetap terus bergantung pada media baru ini. Bagaimana tidak, di jaman ini 'nilai' yang serba praktis turut menggandeng kecepatan sebagai bagian dari gaya hidup. Yang praktis pasti harus cepat dan efisien. Begitu juga dalam hal akses informasi. Ketika ada pilihan dapat mengakses informasi tanpa biaya dan hanya dalam hitungan detik, pasti semua orang akan terus menggunakan media baru.
Lalu, apa sebenarnya apa yang terjadi di era media baru saat ini? Esensi dari media baru adalah perpaduan yang berbasis pada 3 layar, yakni media audio visual (televisi), media online (internet), dan media komunikasi (telepon genggam). Di jaman media baru saat ini menyajikan semua informasi. Semua informasi terkumpul menjadi satu dan bahkan dapat diakses hanya dari satu sumber. Jurnalistik konvergensi menjadi sebuah tren, media melakukan pengelompokan dengan tujuan menciptakan sebuah industri. Terjadi perpaduan ataupun pertukaran informasi antar media dan menjadi terkelompok dengan orientasi membangun sebuah industri media.
Pada media baru proses produksi cross media, para jurnalistik memiliki kemampuan beragam yang tak terbatas hanya pada satu pekerjaan saja, tetapi dalam waktu bersamaan mampu memproduksi informasi dalam berbagai bentuk yang dibutuhkan media baru saat ini. Hal lainnya adalah dalam media baru, pengguna menjadi pengatur informasi. Para pengguna melibatkan diri untuk memberikan komentar sebagai bentuk respon atas informasi yang diterima, sehingga terjadi proses interaktif dan pertukaran pesan sehingga dapat mempengaruhi dan mengatur informasi yang dipublikasikan di media baru.
Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan penggunaan media yang cepat. Beberapa alasan perkembangan ini disebabkan oleh murahnya harga bandwidth, masyarakat yang memiliki pemahaman terhadap teknologi dan media (selain itu teknologi mudah diakses dan dipahami), dan fasilitas telepon genggam (handphone) dan berbagai gadget canggih berbasis online yang marak.
Perkembangan new media di Amerika Serikat
Sisi lain dari generasi media baru terletak pada karakteristik dari media baru ini :
- Isi dari media baru sangat penting.Isi adalah segalanya, yang mampu menyajikan informasi secara atraktif dan persuasif.
- Perilaku dari para pengguna media.Para pengguna memiliki perilaku yang dinamis atau berubah-ubah mengikuti berbagai tren informasi yang ada. Mereka cenderung tertarik pada berbagai informasi dengan nilai 'kebaruan' dan 'tidak biasa'.
- Menggunakan teknologi tinggi.Media baru hanya dapat diakses dan diikuti perkembangannya didukung oleh kecanggihan teknologi yang memang memadai.
- Statistik dari iklan dan lalu lintas akses.Media baru memiliki statistik yang dapat diikuti perkembangannya menyangkut pada persoalan iklan dan lalu lintas akses oleh para pengguna media.
- Budaya.Dunia media baru (internet) akan terus berkembang mengikuti budaya yang dianut oleh sebuah negara.
- Komersial dan pemasaran.Media baru tak luput dari label dan agenda para pengeruk keuntungan. Mereka memanfaatkan media baru sebagai sumber komersialisasi atas produksi media & informasi. Semua tentu saja juga lekat dengan aktivitas pemasaran melalui dunia maya.
- Ruang dan waktu tidak terbatas serta interaktifMedia baru mampu menjangkau dan menghubungkan semua orang di seluruh lokasi dalam waktu bersamaan dan semua ini dilakukan secara interaktif (di mana saja dan kapan saja, Global Village, Marshall McLuhan).
New media untuk semua orang
Jadi, inilah realita dalam dunia komunikasi mengenai sekilas sisi media baru yang akan selalu mewarnai hari-hari masyarakat di masa ini dan bahkan semakin berkembang dan meluas lagi penggunaannya di masa mendatang. Sebagai generasi komunikasi muda semoga dapat menularkan berbagai pesan positif dalam penggunaan media baru secara tepat manfaat dan bijak melalui karya-karya kita saat ini.
Referensi gambar dan video :
www.google.com
www.youtube.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar